logo MSI

Article – Latihan Drum Di Rumah

March 8, 2019 | Categories: Drum and Music Tips.

Untuk teman-teman yang sedang belajar menekuni instrumen drum, terkadang memiliki beberapa kendala, yaitu faslitas untuk berlatih drum di rumah sendiri, meliputi alat musik drum set itu sendiri. Selain itu ada juga dampak suara yang diciptakan saat berlatih drum akustik jika tidak memiliki ruangan yang layak kedap suaranya mungkin bisa sangat bising. Sebagai perbandigan, berlatih gitar akustik, trompet atau keyboard bisa di ruang apa saja tanpa mengganggu orang lain karena volumenya yang relativ tidak terlalu keras saat dimainkan atau instrumen-instrumen lain cukup „mobile“ dapat dimainkan di mana saja. Namun mungkin di benak orang-orang untuk berlatih drum nampaknya dibutuhkan berbagai macam syarat terlebih dahulu, seperti ruang studio yang kedap suara, drum set yang layak dimainkan, mungkin speaker/ampli untuk mainkan lagunya, dll. Dan secara anggaran mungkin itu tergolong tidak begitu terjangkau.

Jika kondisi di atas belum tercapai, sebenarnya masih banyak alternativ lain (dari pengalaman prbadi) supaya kalian bisa berlatih drum di rumah sendiri, di antara lain:

  1. Jika ada studio musik rental kalian bisa sewa hanya untuk latihan drum. Namun karena hanya akan dipakai untuk latihan drum, mungkin bisa sewa studio yang tidak terlalu mahal. Range harga (Jakarta) bisa berkisar antara 75rb – 150rb /jam. Keunggulan studio musik yaitu alat-alat dan fasilitas sudah memadai dan memenuhi standart biasanya. Kalian bisa juga buat klip atau rekaman jika fasilitasnya mendukung. Namun kelemahannya adalah jam untuk booking harus di sesuaikan dengan waktu yang tersedia.
  2. Drum elektrik bisa menjadi solusi pengganti agar bisa bermain drum di rumah sendiri. Keunggulan dari drum listrik ada banyak, yaitu sangat ringan, mobile, selain ukurannya yang bisa disesuaikan, volumenya pun dapat di atur agar tidak terlalu keras, bisa didengarkan menggunakan headphones atau bisa juga dengan speaker/amp. Jadi dengan drum listrik kalian bisa berlatih kapanpun dan di ruang apapun tanpa mengganggu keluarga. Namun ada perbedaan sedikit untuk feel bermain karena permukaannya yang berbeda dengan drum akustik. Untuk harga dapat di sesuaikan dengan kantong, jika beli yang baru range harga bisa dari 5 juta – 15 jutaan. Jika beli yang second bisa dibawah 5 juta.
  3. Bisa juga berlatih menggunakan drum pad, yaitu seperti papan (bulat atau segi 8 pada umumnya) dengan permukaan atasnya dilapisi sejenis bahan karet, dengan ukuran relativ kecil seperti piring. Drum pad sebenarnya menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh drummer, karena dengan alat ini biasanya kita dapat berlatih sticking, rudiments dan juga koordinasi tangan atau untuk pemanasan sebelum berlatih drum atau sebelum main live. Karena ukuran yang lumayan kecil serta ringan, drum pad bisa di bawa ke maana saja untuk latihan, di dalam kamar hotel, tour bus, saat menunggu pesawat/ kereta dll. Jika kalian belum memiliki drum set akustik atau elektrik maka kalian dapat gunakan drum pad untuk latihan di rumah. Drum pad dapat di taruh di stand snare, atas kursi atau bahkan atas paha. Gerakan koordinasi yang telah kalian pelajari dapat di aplikasikan di drum pad. Misalnya gerakan basic groove, tangan kanan dan kiri seolah memainkan hihat dan snare, kaki menginjak lantai untuk gerakan kick. Untuk harga termasuk relativ terjangkau dibawah 100rb kalian bisa dapatkan dengan kualias yang bagus.
  4. Terakhir masih ada cara yang lebih simple utuk berlatih drum jika kalian masih belum memiliki fasilitas di atas, yaitu hanya menggunakan sepasang drum stick. Sebagai permukaan yang di pukul kalian dapat menggunakan perabotan rumah tangga yang mungkin terbuat dari bahan tidak terlalu keras, seperti dudukan kursi, pinggir kasur, bantal, sofa, dll. Sekali lagi gunakan koordinasi yang telah dipelajari dan aplikasikan gerakan seolah – olah sedang bermain drum. Dan jika belum memiliki drum stick pun kalian masih dapat gunakan kedua tangan kalian, dengan posisi duduk dan memukul lutut/paha.

Pada intinya kalian dapat berlatih drum di mana saja dan kapan saja. Sekarang hanya tergantung fasilitas dan waktu yang kalian miliki, selama niat untuk berlatih masih ada, maka kalian pasti akan menemukan cara untuk berlatih drum, karena kalian suka bermain drum.

 

by Kukuh Hario Yudo
MSI Head of Drum

0856-9212-4666