logo MSI

Belajar Piano – 9 Tips dan Trik

April 17, 2021 | Categories: Piano Tips.
belajar-bermain-piano

Belajar memainkan piano adalah sebuah pengalaman yang menantang. Berikut adalah 9 tips dan trik yang mungkin bisa memotivasi dan menginspirasi Anda. Mempelajari cara bermain piano sebenarnya tidak begitu menakutkan seperti yang kamu bayangkan.

1. Beberapa minggu pertama akan terasa berat dan kamu mungkin tergoda untuk berhenti. Jangan pernah lakukan itu! Terus berlatih, dan saat kamu berhasil, kamu akan merasakan kenikmatan seumur hidup.

2. Cari tahu cara yang tepat untuk mulai belajar. Apakah dengan guru musik? Dalam hal ini, kamu bisa sambangi msi-school.com. Atau mungkin kamu ingin mempertimbangkan kursus online, yang mana juga tersedia di MSI. Umumnya, belajar secara online jauh lebih terjangkau dari segi biaya, dan bisa menjadi pilihan jika kamu ingin belajar sendiri.

3. Selain mempelajari teknik bermain piano, kamu perlu mendedikasikan waktu setiap minggu untuk mempelajari budaya piano. Mulai dari belajar tentang sejarah instrumen, menonton dokumenter, hingga sekedar mendengarkan artis klasik atau kontemporer favoritmu.

4. Bicara soal waktu, ini sangat penting. Kamu harus, benar-benar harus, menyediakan waktu untuk berlatih sendiri dan melakukannya dengan disiplin. Tidak ada alasan untuk tidak berlatih. Baik sebelum bekerja atau sesudah. Pagi atau larut malam. Buatlah jadwal dari hari ke hari. Berlatihlah bermain piano maksimal dua jam per hari. Satu jam untuk berlatih teknik, dan satu jam untuk membaca, teori, budaya, dll.

5. Mulailah berlatih dengan lagu-lagu yang mudah. Coba pelajari sesuatu dari salah satu pianis favoritmu. Kemudian, dorong dirimu ke materi yang lebih advanced, sekalipun tujuannya hanya untuk memainkan musik modern yang populer. Jika kamu mempelajari beberapa karya piano klasik yang sulit, memainkan lagu-lagu kontemporer akan menjadi sangat mudah, dan kamu akan lebih percaya diri.

6. Berikut adalah beberapa tips untuk mempelajari sebuah lagu setelah kamu memahami sedikit teknik dan bisa membaca musik. Baca sedikit dan coba bayangkan seperti apa suara itu di benakmu. Perhatikan bagian yang sulit. Kemudian telusuri lagu dengan tangan kanan terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan dengan yang kiri. Setelah kamu merasa nyaman dengan keduanya, satu per satu, gabungkan keduanya, dan lihat apa yang terjadi. Sekarang perlahan-lahan cobalah untuk mengerjakan setiap frase sampai kamu menguasainya, dan kemudian pindah ke yang berikutnya.

7. Lakukan yang terbaik untuk tidak mengulangi kesalahan saat belajar piano. Jika kamu menemukan frasa yang sulit, latihlah sampai kamu mahir. Jika kamu menganggap remeh dan langsung beralih ke langkah berikutnya, itu hanya akan membuatmu gagal. Ujung-ujungnya, teknik bermainmu akan ceroboh. Jika kamu benar-benar ingin menguasai piano, kamu harus belajar piano dengan benar sedari awal.

8. Ketahui not mana yang kamu mainkan. Maksud saya, kamu harus dapat memainkan bagian tersebut tidak hanya dengan membaca partiturnya. Kamu juga harus bisa memainkan bagian tersebut dari ingatan, dan kamu harus bisa melafalkan setiap nada satu per satu, serta memiliki pemahaman tentang bagaimana setiap nada akan dibunyikan. Tidak semua orang mampu melakukan nada yang sempurna, tapi membayangkan musik piano dalam ingatan bakal meningkatkan teknik bermainmu secara signifikan.

9. Yang terakhir, belajarlah dengan disiplin. Yup, belajar bermain piano tidaklah mudah dan akan ada banyak tantangan, di antaranya bersifat mental dan psikologis. Kamu harus mampu mengatasi keinginan untuk menyerah. Hasil akhirnya adalah pencapaian yang luar biasa, kenikmatan yang tidak akan pernah dirasakan oleh kebanyakan orang.

Terima kasih telah membaca panduan kecil ini. Semoga kamu menemukan beberapa informasi yang bermanfaat, mungkin sedikit ide, dan semoga sedikit inspirasi. Sekali lagi, semoga sukses dalam perjalananmu belajar piano.

0856-9212-4666